Contoh Cara Membuat Curiculum Vitae Lamaran Kerja Disini!

Home » Contoh Cara Membuat Curiculum Vitae Lamaran Kerja Disini!

Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah sebuah daftar yang berisi biodata lengkap kita yang akan di sampaikan pada pihak tempat kerja di mana kita melamar. Tak semua orang memiliki pengalaman membuat surat lamaran kerja, apalagi harus menyertakan daftar riwayat hidup yang lengkap.

Contoh Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris Hanya Disini!

 

Sebenarnya apa saja yang harus tercantum dalam daftar riwayat hidup yang di sertakan dalam berkas surat lamaran kerja? Kali ini kami akan mengulas tentang cara membuat daftar riwayat hidup lengkap beserta format yang benar  serta apa saja kelengkapannya.CV yang dibuat haruslan benar-benar sesuai dengan curiculum anda.

Dalam daftar riwayat hidup juga biasanya di sebutkan beberapa hal yang sekiranya bisa menjadi penarik perhatian agar pihak tempat kerja yang anda lamar bisa menerima anda.

contoh3

Dalam daftar riwayat hidup yang di sertakan di berkas melamar pekerjaan di sebutkan juga sedikit resume tentang keahlian yang kita miliki. Dalam menyebutkannya pun memerlukan sebuah metode yang baik dan benar agar di saat menyebutkan tidak  terlihat kesan bahwa anda memiliki keahlian yang sangat luar biasa atau terkesan sombong. Persaingan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan saat ini memang semakin ketat, di mana ada banyak sekali yang memiliki kualifikasi pendidikan yang tinggi sekalipun tak memiliki kesempatan mendapatkan pekerjaan.

Oleh karena itu ketika anda membuat surat lamaran kerja dan curriculum vitae di upayakan di buat dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya. Jangan sampai ada kepalsuan data di dalamnya karena nantinya anda juga yang akan terkena akibatnya. Berikut contoh dari daftar riwayat hidup yang selanjutnya bisa anda kembangkan sendiri, untuk selengkapnya bisa anda lihat di sini :

Berikut ini beberapa hal yang harus anda cantumkan di dalam membuat sebuah daftar riwayat hidup ketika melamar sebuah pekerjaan.

  • Biodata pribadi

Biodata pribadi yang di maksud adalah mencakup nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, agama yang di anut, kewarganegaraan, status (sudah menikah atau belum), tinggi dan berat badan, alamat yang ditinggali, nomor telepon yang bisa di hubungi dan email yang masih aktif.

  • Riwayat pendidikan formal

Sebutkan riwayat pendidikan formal anda dari mulai Sekolah Dasar (SD) hingga anda di Perguruan Tinggi di sertai dengan tahun di mana anda lulus dari sekolah tersebut.

  • Riwayat pendidikan non formal

Jika anda pernah mengikuti sebuah kursus  di luar pendidikan formal yang tersebut di atas, sebutkan saja siapa tahu hal itu akan membantu memberikan peluang bagi anda untuk di terima kerja. Riwayat pendidikan non formal seperti kursus bahasa asing, kursus mengetik dan lain sebagainya.

  • Keahlian yang anda miliki

Sebutkan apa saja  keahlian khusus terutama yang sangat mendukung pekerjaan anda nanti. Akan lebih baik jika anda menyertakan juga sertifikat yang menyatakan anda benar-benar memiliki keahlian tersebut.

  • Pengalaman dalam bekerja

Sebelum anda melamar di tempat terkait sebutkan saja tentang pengalaman anda bekerja. Hal  ini bisa menjadi poin penting yang mendukung lamaran anda.

  • Pengalaman dalam organisasi

Poin yang satu ini juga banyak di cantumkan di dalam membuat daftar riwayat hidup. Jika anda memiliki pengalaman dalam berorganisasi baik ketika sekolah dasar maupun kuliah maka hal itu bisa anda jelaskan dengan singkat di sini.

contoh4

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Dengan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar !

 

Demikian sedikit ulasan tentang cara membuat curiculum vitae yang di sertakan dalam surat lamaran kerja anda. CV tersebut tentu saja harus di buat dengan bahasa yang baik, benar dan sopan.  Mengingat hal ini juga akan sangat menunjang di perhatikannya surat lamaran anda. Untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat di bawah ini.